Kamis, 20 Desember 2012

Tarian Kehidupan



Canon EOS 550D, f/5,6 ;  1/40 ; FL: 250 mm ; ISO 1600

Kamis 20 Desember'12 diadakan Gelar Tari Tradisional Nusantara 3, yang diadakan oleh Pendidikan Seni Tari & Musik Fakultas Sastra Univ Negeri Malang. Acara digelar di Graha Cakrawala Univ Negri Malang di Kota Malang.

Terdapat beberapa tarian Nusantara yang dibawakan oleh mahasiswa, dibawakan dengan sangat apik dengan didukung oleh suasana & tata lampu yang memadai.

Kami sendiri hanya mengabadikan beberapa tarian dari jarak kurang lebih 25 meter dari panggung & dengan keterbatasan kemampuan kami, maka hasil foto kurang memuaskan.

Beberapa sinopsis kami sadur dari lembaran yang dibagikan pada penikmat pertunjukan.

Tari Cendrawasih
Kisah digambarkan di dalam Tari Cendrawasih menurut Babad Bali adalah kehidupan burung Cendrawasih di pegunungan Papua pada masa birahi.





Tari Grebeg Sabrang
Adalah bagian dari pertunjukkan wayang topeng Malang. Tarian melukiskan barisan prajurit sabrang yang gagah perkasa. Sumber dari wayang Topeng Asmorobangun, Kedungmonggo, Pakisaji.





Tari Langit Biru
Berasal dari Jawa Barat, menceritakan gadis remaja yang beranjak dewasa yang memiliki bentuk gerak gemulai & tegas.





Tari Margapati
Tari asal Bali, yang menggambarkan seorang pemuda yang sangat gagah berani & pantang menyerah, dan dilukiskan sebagai raja binatang (singa), melukiskan bahwa si raja hutan sedang mengintai & siap membinasakan mangsanya.
 






Tari Reog Dhodhog
Tarian asal Tulungagung. Reog Dhodhog atau Kendhang merupakan iring-iringan prajurit Kediri yang membawa persyaratan dari Dewi Kilisuci untuk menggagalkan lamaran Lembusuro, bahwasanya yang dapat mengartikan persyaratan tersebut hanya masyarakat Tulungagung.
 




Tari Baris
Merupakan salah satu tari Bali yang menceritakan tentang seseorang yang gagah berani, berkarakter keras, tegas tetapi bijaksana.


Semua tarian membawa kita pada Imajinasi yang mendalam

...tarian kehidupan, penuh misteri meski telah terlewati, tetap menjadi misteri. Jika Sang Pencipta berkenan, apapun dapat terjadi & tetap menjadi misteri dalam tarian kehidupan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar